Kamis, 27 Agustus 2009

Kencing tidak lancar

Kencing tidak lancar
Pertanyaan:
Bapak, saya seorang bapak 64 tahun, menderita keluhan sbb: Kalau banyak duduk dan kurang minum, kencing menjadi tidak lancar dan agak terasa sakit Sebaliknya kalau banyak minum, lantas sering terasa kencing bahkan kadang menjadi sulit ditahan dan merembes sendiri.
Di samping itu saya juga menderita lernah syahwat (ereksi tidak maksimal) dan ejakulasi dini, mani sudah keluar sebelum mulai "berhubungan" dengan istri. Keluhan lain, kadang kadang leher terasa kaku. Bila melihat sesuatu yang menegangkan, kepala tergeleng geleng sendiri tanpa sengaja
Sumarso Budi. Matesih Karanganyar.
Jawaban :
. Kesulitan buang air keeil dan terasa sakit yang bapak alami disebabkan oleh pembesaran prostat Prostat adalah kelenjar kecil yang terletak di bawah kandung kencing dan hanya dimiliki oleh pria. Kelenjar ini berfungsi menghasilkan sebagian besar cairan dalam sperma. Semakin bertambahnya usia hormon seks pria (testoteron) sebagian pria menyebabkan prostat secara perlalian membesar. Oleh karena prostat ini dilewati oleh uretra (saluran dari kandung kemih ke penis), maka pembesaran prostat akan menekan saluran ini dan menghambat keluarnya air seni saat buang air kecil.
Gejala, pembesaran/pembengkakan prostat antara lain sulit buang air kecil, buang air kecil terasa sakit jika terjadi penyumbatan. Buang air kecil terlalu sering terutama pada malam harl, kencing berturut turut dalam waktu 15 menit atau air seni menetes setelah kencing.
Pembesaran prostat kadang menimbulkan gangguan pada fungsi seksualitas seperti disfungsi ereksi Lemah syahwat) dan ejakulasi dini. Pada sebagian pria, pembengkakan prostat disebabkan adanya kanker prostat yang bersifat ganas dan perlu penanganan secepatnya.
Mengerial keluhan leher Bapak yang tergeleng sendiri tanpa sengaja, disebut tik atau gerenyet Tik bisa terjadi pada beberapa anggota tubuh misaInya dalarn bentuk gelengan kepala, kerdipan mata, kedut, dll. Dalam batas normal, tik tidak perlu dikawatirkan karena biasanya bukan merupakan gangguan yang bersifat organik . Hal ini, akan kami bahas dilain kesempatan.
Solusi untuk mengatasi kencing tidak lancar karena pembesaran kelenjar prostat:
Sediakan
70 gram akar biskucing (puteri malu),
70 gram datin kumis kucing, dan
7 lembar daun benalu yang tumbuh di pohon jeruk pecel.
Setelah dicuci bersih lalu direbus dengan 4 gelas air hingga mendidih. Sisakan airnya hingga setengahnya, saring, dan gunakan untuk minum pagi dan sore hari. Di samping itu, perbanyak minum air putih kurangi makan daging, dan segala penyedap rasa sintetis.

Tidak ada komentar: