Kamis, 27 Agustus 2009

Mencari Antikanker dan Antikolesterol dari Bakteri Probiotik

Mencari Antikanker dan Antikolesterol dari Bakteri Probiotik

SUSU fermentasi sejak lama dipercaya khasiatnya untuk kesehatan. Antara lain meningkatkan pencernaan dan penyerapan makanan, meningkatkan gerak peristaltik usus sehingga melancarkan pembuangan kotoran serta mencegah intoleransi laktosa (gula susu). Tak heran pelbagai jenis susu fermentasi seperti susu asam ( yogurt), Yakult, kefir makin populer dan mudah didapatkan di pasaran.
Susu fermentasi merupakan hasil kerja bakteri asam laktat yang merupakan kontaminan alami susu. Dalam pelbagai penelitian bakteri asam laktat terbukti mampu menjaga keseimbangan mikroflora usus serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh atau yang dikenal sebagai efek probiotik (bermanfaat bagi kesehatan).
Kini para ahli berupaya mengeksplorasi kemampuan bakteri ini sebagai antimutagenik/antikanker dan menurunkan kadar kolesterol.
Salah satu susu fermentasi tradisional Sumatra Barat, dadih yang dibuat dari susu kerbau kini diteliti tim gabungan dari Balai Pengkajian Bioteknologi, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Universitas Shinshu, di Jepang, dan National University of Singapore. Kerja sama internasional ini dimaksudkan untuk mencari bakteri asli Indonesia yang mempunyai keunggulan sebagai probiotik dalam meningkatkan kesehatan manusia.
Hasil awal penelitian. yaitu hasil tahun pertama dari tiga tahun yang dijadwalkan pertengahan pekan Ialu dipresentasikan dalam Symposium on Biotechnology of of Probiotic for Human Health di BPPT
BICARA soal kanker menurut Prof Dr Akiyoshi Hosono dari Jurusan Makanan Fungsional Fakultas Pertanian Universitas Shinshu, Jepang, pemicunya antara lain senyawa nitroso/nitrosamin dalam makanan. Pemicu lain adalah zat karsinogenik yang secara alami terkandung dalam bahan pangan misaInya asam kafein dari kopi, hidrazin dari jamur juga etil alkohol yang terkandung dalam rokok, logam arsenik, aditif makanan seperti sakarin, serta pestisida seperti dieldrin, khlorden, DDT.
"Prebiotik berfungsi sebagai kemoprevensi. Ibarat tabung pemadam kebakaran yang mematikan api saat masih kecil, Pengobatan kanker dengan kemoterapi analog dengan mobil pemadam kebakaran yang datang saat api telah membesar dan membakar rumah tutur Hosono.
Potensi antimutagenik bakteri asam laktat dan dadih dipaparkan Dr. Inggrid S Surono MSc dari Balai Pengkajian Bioteknologi, BPPT.
Menurut Inggrid, penyakit degeneratif sangat di pengaruhi ekosistem mikroflora usus. Komposisi bakteri Tinja. warna, bau, dan tekstur tinja bisa menjadi indikator kondisi kesehatan seseorang.
Populasi bakteri dalam ekosistem saluran pencernaan orang sehat yang mengonsumsi makanan seimbang umumnya stabil. Perubahan pola hidup.pola makan, kondisi sakit serta antibiotik dapat mengubah stabilitas ekosistem.
Untuk menjaga kesehatan perlu dilakukan manajemen mikroflora usus dengan meningkatkan bakteri "baik" dan menekan jumlah bakteri "jahat'. Caranya dengan mengonsumsi bakteri prebiotik dan nutrisi yang sesuai untuk bakteri probiotik, yaitu probiotik agar bakteri baik berkembang pesat.
Secara alami probiotik terkandung dalam sayuran buah buahan serta kedelai
Probiotik tidak dapat dicerna manusia, sehingga bisa mencapai usus dan mendukung pertumbuhan bakteri baik.
Salah satu jenis bakteri "baik" adalah kelompok bakteri asam laktat. Pelbagai senvawa hasil metabolismenya seperti asam laktat, hidrogen peioksicla (H2 O2) dan bakteriosin bersifat antimikroba bagi bakteri "jahat" Bakteri ini mampu mengikat senyawa racun hasil metabolisme protein dan lemak serta hasil pemecahan enzim tertentu, sehingga meringankan tugas organ hati.

Enzim yang dimiliki bakteri prebiotik seperti Iaktase mampu mengatasi intoleransi gula susu (laktosa), bile salt hydrolase membantu menermikan kadar kolesterol, senyawa dinding sel bakteri probiotik (peptidoglycan) menyerap senyawa karsinogenik (pemicu kanker), asam laktat yang dihasilkan merangsang gerak peristaltik usus sehingga mencegah sembelit dan meningkatkan penyerapan kalsium yang diperlukan untuk mencegah osteoporosis. Bakteri probiotik juga mampu mencegah diare yang disebabkan Helicobacter pylori.
"Tidak semua bakteri asam laktat bersifat probiotik. Bakteri Probiotik adalah yang dikonsumsi dalam keadaan hidup, bertahan hidup dalam saluran pencernaan setelah melalui pelbagai rintangan dan mampu menjaga keseimbangan mikroflora usus. Rintangan antara lain enzim di air liur suasana asam dalam lambung, asam empedu jelas Inggrid.
Bakteri prebiotik yang telah melalui uji klinis antara lain Lactobacillus; casei subsp casei strain Shirota, dan Lactobacillus acidophilus. Sedang bakteri yogurt Lacto bacillus bulgoricus dan Streptococcus thermophilus tidak termasuk bakteri probiotik karena tidak lolos rintangan dalam saluran pencernaan. Agar mempunyai efek fungsional bagi kesehatan biasanya yogurt ditambah Lactobacillus acidophilus.
Dadih yang dibuat dari susu kerbau mentah yang disimpan dalam tabung bambu ditutup daun pisang dan disimpan dalam suhu kamar selama dua hari mengandung sejumlah bakteri asam laktat seperti Leuconostoc sp, Streptococcus sp Lactobacillus sp Lactococcus sp dan sejumlah kapang.
Tim mengisolasi sepuluh jenis bakteri asam laktat yang tahan kondisi asam dan tahan asam empedu dari dadih asal Bukittinggi. Dalam uji in vitro (laboratorium) in vivo pada tikus percobaan salah satu jenis bakteri asam laktat menunjukkan daya antimutagenik terhadap senyawa karsinogenik Trp P1 yang dihasilkan dari makanan mengandung protein triptophan yang diolah dalam suhu tinggi. Namun jenis dan strain bakteri asam laktat itu masih dirahasiakan karena hendak dipatenkan penelitinya.
Mekanisme antimutageink, demikian Inggrid, diduga lewat pengikatan senyawa mutagen oleh sel bakteri asam laktat. Untuk membuktikan secara klinis perlu dilakukan penelitian pada manusia. Hal itu rencananya akan dilakukan tahun depan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang.
KEMAMPUAN bakteri asam laktat dadih dalam menurunkan kelesterol diungkapkan Dr Usman Pato MSc dari Universitas Riau
Kolesterol merupakan bagian lemak yang cenderung menempel di dinding pembuluh darah sehingga lama kelamaan menimbulkan penyempitan pembuluh darah. Akibatnya orang bersangkutan menderita tekanan darah tinggi berlanjut dengan gangguan jantung bahkan stroke.
Meski ada pelbagai obat untuk mengatasi ancaman kolesterol, cara yang lebih aman dan alami untuk menurunkan kolesterol adalah lewat modifikasi pola makan dengan makanan fungsional yang mampu menurunkan kadar kolesterol,
Tim meneliti khasiat dadih terhadap kadar lemak dan asam empedu total dalam darah serta mikroflora tinja dari tikus yang diberi makanan tinggi kolesteiol.
Hasilnya menunjukkan, salah satu strain bakteri asam laktat mampu menurunkan kadar kolesteiol buruk (low density lipoprotein), trigeliserida dan serum fosfolipid dalam darah tikus percobaan Juga menurunkan serum asam empedu total.
"Strain bakteri asam laktat itu diduga mampu menempel di dinding usus tikus, berkembang biak dan melakukan peran yang menguntungkan kesehatan lewat dekonjugasi garam empedu," jelasnya.
Penelitian laboratorium menunjukkan, strain bakteri asam laktat itu memproduksi enzim yang disebut bile salt hydrolase (BSH). Dekonjugasi garam empedu akan meningkatkan asam empedu terkonjugasi yang tidak mudah diserap dari usus halus dibanding asam empedu konjugasi. Asam empedu dekonjugasi akan terbuang lewat tinja, sehingga jumlah asam empedu yang kembali kehati berkurang.
Untuk menyeimbangkan jumlah asam empedu tubuh akan mengambil kolesterol tubuh, sebagai prekursor Proses itu pada gilirannya akan menurunkan kadar kolesterol daiah secara keseluruhan.
Sebagai informasi, dadih yang mengandung Lactobacillus casei, casei 027 telah diproduksi dalam bentuk makanan siap saji di Jepang oleh Japan Federation of Milk Processor Co operation (JF Milk) sejak tahun 2001.
Kriteria pemilihan bakteri probiotik, demikian Prof Dr Lee Yuan Kun dari Jurusan Mikrobiologi, Fakultas Kedokteran National University of Singapore, selain mampu bertahan terhadap suasana asam dan berfungsi meningkatkan kesehatan juga harus mampu tumbuh cepat dalam medium fermentasi yang sederhana dan murah, mampu bertahan dalam pengolahan tanpa kehilangan kemampuan. serta bisa digabung dengan pelbagai jenis bahan makanan

Tidak ada komentar: