Kamis, 27 Agustus 2009

Membuat Teh Racik dan Ramuan Instant

Membuat Teh Racik dan Ramuan Instant
Untuk membuat teh racik setelah. dicuci bersih, bagian buah mahkota dewa dirajang Ialu diangin anginkan selama sehari. Selelah itu dijemur langsung di bawah terik matahari hingga kering betul yakni bila keadainnya getas (mudah patah). Bobot bahan yang sudah kering ini kira. kira cuma 1/10 dari bobot basah. Bila bobot awal 1 kg, maka ketika betul betul kering bobotnya cuma 1 ons. Terakhir, untuk mematikan kuman kuman penyakit, bakteri misaInya, bahan kering tadi kita sangrai di atas api kecil sekitar lima menit. Teh racik mabkota dewa pun siap disimpan dalam wadah rapat. Tinggal diseduh sewaktu waktu diperlukan.
Rasanya pahit. Kita kira seperti teh pekat," ungkap Ning. 'Yang dari cangkang lebih paInt lagi, Tapi bila dicampur bahan lain, daun salam misaInya, rasanya menjadi seperli teh susu," tanibahnya.
Yang tidak tahan rasa pahit, bisa mencoba mengolahnya jadi ramuan instan. Caranya, irisan kulit dan daging buah yang matang direbus bersama gula hingga tampak berbusa busa. Setelah itu diaduk aduk sampai campuran mengkiristal dan mengering. Hasilnya diangkat dari atas api dan dibiarkan dingin. Kristal yang telah dingin kita ayak Bagian yang kasar ditumbuk hingga. halus dan diayak kembali. Hasilnya siap disimpan didalam toples dan ditutup rapat. Bila hendak meminumnya, kita tinggal menyeduhnya seperti membuat kopi

Resep Khusus Untuk Anak anak
Khusus untuk pengobatan anak2 berdasarkan pengalaman empiris, sebaiknya digunakan buah mahkota dewa utuh. Caranya satu butir buah utuh yang segar atau telah dikeringkan kita rebus dalam tiga gelas air, sampai tersisa satu gelas. Untuk mengobati penyakit serius, buah sebaiknya ditusuk tusuk menggunakan garpu. Air rebusan inilah yang diminumkan sebagai obat.

Tidak ada komentar: