Kamis, 27 Agustus 2009

Mencegah Serangan Goat

Mencegah Serangan Goat

SAYA sudah dua kali mengalami serangan radang sendi akut. Sakit sekali. Sendi ibu jari kanan saya merah dan nyeri. Saya sampai sulit berjalan Pakai sepatu juga susah sehingga kegiatan saya sebagai seorang pengusaha terganggu
Dokter mendiagnosis radang tersebut sebagai penyakit goat. Saya dianjurhan menghindari makanan jeroan dan diharuskan banyak minum Semua sudah saya laksanakan, namun kejadian berulang kembali tiga bulan kemudian.
Kali ini yang terserang adalah tumit saya. Tumit saya yang kanan nyeri dan kemerahan. Semakin diurut semakin sakit. Warna tumit hampir seperti tomat. Nyerinya bukan main sehingga saya harus istirahat di tennpat tidur Saya harus makan obat penghilang nyeri yang cukup keras agar rasa nyerinya berkurang. Pemeriksaan roentgen kaki dan tumit saya hasilnya ternyata normal Sedangkan hasil laboratorium kadar kolesterol tinggi (329 mg) dan asam urat agak tinggi (8 mg) Setelah satu minggu makan obat barulah tumit saya pulih kembali. Teman saga juga penderita asam urat yang tinggi. Dia rajin melakukan cheek up dan hasil asam uratnya selalu diatas 9 mg, Namun dia tak pernah terserang goat akut seperti saya. Kenapa teman saya yang kadar asarn uratnya lebih tinggi tidak mendapat serangan goat Adakah cara menghindari serangan gout? Apa komplikasi penyakit gout dan benarkah penyakit ini dapat menyebabkan ginjal terganggu? Terima kasih atas penjelasan dokter.
SUTOM0, JAKARIA

PENYAKIT gout adalah penyakit yang disebabkan oleh kristal urat di jaringan. Biasanya yang terkena adalah jaringan sendi. Kristal urat ini dapat menimbulkan radang akut dengan gejala seperti yang Anda ceritakan Sendi bengkak, berwarna kemerahan, panas dan nyeri. Acapkali penurnpukan kristal urat tersebut membentuk benjolan yang disebut tofus. Penyakit gout ini termasuk sering dijumpai. Penelitian di Sulawesi Selatan, menunjukkan gout dialami sekitar 10 persen penduduk laki2 dan 4 Persen penduduk perempuan Peningkatan asam urat di darah tidak selalu diikuti oleh radang sendi akut. Pada peningkatan asam urat yang tanpa gejala (asimtomatik) kadar asam urat di darah tinggi, tetapi tidak terjadi gejala radang sendi akut, tofus atau batu urat saluran kemih. Serangan radang sendi yang akut biasanya terjadi mendadak. Serangan dapat terjadi malam hari, sehingga pasien terbangun dari tidur Serangan ini mencapai puncaknya dalam waktu yang singkat. Radang sendi ini biasanya akan menghilang dalam sepuluh hari. Pada pasien yang mengalami serangan radang sendi akut akibat kristal urat ini tidak selalu didapatkan kadar asam urat tinggi. Sekitar 12,5 persen penderita asam uratnya normal. Pengobatan gout meliputi pengobatan fase akut, pengobatan jangka panjang untuk mengatasi kadar asam urat tinggi, dan pencegahan serangan, Pada pengobatan fase akut digunakan obat antiradang. Biasanya digunakan obat yang disebut kolsikin. Obat lain yang dapat digunakan adalah obat golongan anti inflamasi nonsteroid. Selain itu obat kortikosteroid juga dapat digunakan bila terdapat kontra indikasi penggunaan kolsikin atau obat anti inflamasi nonsteroid. Untuk mengontrol kadar asam urat perlu membatasi purin (jenis protein) dalam makanan. Kadar purin tinggi didapatkan pada antara lain usus. hati, limpa udang dan kacang tanah Jika kadar asam urat tinggi tanpa ada gejala biasanya tidak diperlukan terapi, kecuali kadar asam urat darah melebihi 9 mg/dl. Selain diet penurunan kadar asam urat dapat dibantu dengan obat. Pencegahan serangan radang sendi (artritis) gout dapat dilakukan dengan cara pemberian kolsikin Obat ini dapat diberikan dalam jangka panjang untuk mencegah serangan artritis gout berulang. Beberapa macam obat seperti obat pelancar kencing (diuretika golongan tiazid), asetosal dosis rendah, fenilbutazon dan pirazinamid dapat meningkat kadar asam urat. Alkohol juga perlu dihindari karena alkohol dapat menurunkan pengelualan asam urat dari tubuh. Kadar asam urat tinggi dapat menyebabkan perubahan pada ginjal berupa nefropati gout. Pada ginjal dapat terjadi penurnpukan kristal urat di jaringan ginjal. Selain itu kadar asam urat yang tinggi pada urin dapat menyebabkan nefropati asam urat dan batu asam urat di ginjal.
Nah, tampaknya Anda sebagai sebagai seorang pengusaha mulai harus mengubah pola makan menjadi Pola makan yang sehat. Jangan lupa minum air yang cukup dan hindari minuman beralkohol. Ditengah kesibukan Anda, jangan lupa pula, berolah,raga. Mudah mudahan usaha Anda sukses serta Anda dalam keadaan sehat.

Tidak ada komentar: